Tuesday, September 25, 2012

Cafe de Waraku, Jakarta

Bagi pembaca yang sering mengikuti cerita-cerita kuliner saya, pasti tidak asing lagi membaca judul posting saya kali ini. Yah Cafe de Waraku, masi satu keluarga dengan Pasta de Waraku yang pernah saya ceritakan sebelomnya. Walau mungkin Cafe de Waraku ini jumlahnya belum sebanyak Pasta de Waraku atau Waraku Japanese Casual Dining. Yang saya temui adalah gerai yang kebetulan buka di area Center Stage, Mall Taman Anggrek.

Kebetulan saya berkunjung kemari dalam minggu pertama gerai ini buka, tapi ketika itu saya sudah tidak dapat diskon seingat saya. Tentu saja yang membuat saya tertarik ke tempat ini adalah replikas-replika menu yang terdapat di dinding tempat makan ini, sama seperti keluarga Waraku lainnya yang juga selalu memasang replika di sisi luar resto mereka.

Saya kebetulan ke sana bertiga dengan teman saya, hanya karena yang satu tidak mau makan, kami hanya sempat mencicipi dua menu saja. Suasana di sana ketika saya datang, masih agak kacau, kemungkinan karena masing-masing pegawai di sana masi menyesuaikan diri dengan kesibukan yang tak terduga, dan cukup banyaknya orang yang datang berbekal rasa penasaran dengan tempat baru ini.

Menu yang disarankan oleh orang yang melayani kami yang sepertinya merupakan captain tempat ini adalah omu-rice (CMMIW), melihat dari replika rata-rata bentuknya seperti bola setengah yang berwarna kuning, disajikan dengan bermacam-macam saus dan garnish. Tanpa banyak bertanya, saya dan teman saya memilih saja masing-masing satu varian omu-rice, biar langsung saja kita mencicipi. Dan akhirnya yang kami pesan adalah :

chicken katsu omu-rice / demi glaze chicken katsu
Ini adalah pesanan teman saya, nah omu-rice ternyata adalah nasi yang bagian atasnya ditutup dengan omelette atau bahasa ndeso nya telur dadar. Untuk menu yang ini, kemudian disiram dengan saus yang rasanya manis, gurih sedikit, dan beraroma jahe. Kebetulan saya bukan penyuka jahe, jadi saya tidak terlalu suka dengan menu ini. Untuk chicken katsu nya standar aja seperti chicken katsu di menu-menu bento.

omu-rice bolognaise
Nah ini dia pesanan saya. Omu-rice bolognaise. Untuk bagian tengahnya sama dengan menu yang di atas, tidak perlu saya jelaskan lagi. Untuk nasinya si sebenernya saya ga merasa ada yang special, cuma sepertinya beras yang digunakan adalah beras jepang, telur nya cenderung tidak ada rasa, toh akan percuma juga sepertinya begitu disiram saus. Nah saus bolognaise tentunya sudah pada tau, saus tomat yang berisi daging cincang, yang sering kita temui sebagai pendamping spaghetti. Rasa sausnya standar, hanya saja, walau saya tau bahwa tempat makan ini menyajikan menu-menu fushion, tapi apakah cocok makan nasi pakai saus bolognaise?? I don't think so. Buat saya koq rasanya ga cocok, dan malah jadi aneh. Masi mendingan disajikan dengan saus yang di menu pertama.

Harga per porsi saya sudah tidak ingat lagi, tapi jika tidak salah ±40k++ (tentu saja menurut saya pricey untuk menu seperti ini), minum tentu saja mereka menyajikan ocha free refill seharga 12k++ / gelas. Sama dengan tempat makan keluarga Waraku lainnya. Di tempat ini mereka juga menyajikan menu dessert favorit andalan Waraku, yaitu Hanito, yang pernah saya bahas juga di sini.

Suasana di tempat ini cenderung agak tidak cocok untuk ngobrol-ngobrol dan santai-santai lama terutama di jam makan, karena tempatnya agak sempit, penataan meja yang terlalu dekat satu sama lain, sehingga pembicaraan kita atau tetangga meja sebelah mudah terdengar satu sama lain, hal ini dibuktikan ketika saat itu ada sepasang tante dan om yang agak bingung dengan menu fushion ini dan berbisik menanyakan kepada kami menu apa yang sebaiknya dipesan dan apakah rasanya enak. :P

Dan mungkin dikarenakan menu yang saya kurang suka, saya belom pernah kembali lagi ke tempat ini, tapi mungkin suatu saat saya akan kembali mengecek dan mencicipi apakah ada menu baru yang cukup unik, menarik, dan enak :D
Tidak ada salahnya untuk mencoba, karena kebetulan saya kemari saat baru buka, sehingga mungkin masi banyak kekurangan di sana sini yang sudah diperbaiki seiring berjalannya waktu.

Ikuti selalu perjalanan wiskul saya :D

Rasa : 7 / 10
Suasana : 7 / 10
Pelayanan : 7 / 10

No comments:

Post a Comment