Wednesday, August 29, 2012

Ramen Hakata Ikkousha

Di antara teman-teman dan beberapa anggota forum makan, sedang booming ramen yang konon katanya uenaaakkk. Banyak yang promosi ke saya "Asli Dari Jepang", "Kokinya Orang Jepang", "Ngantrinya Rame Banget Tapi Pelayanan Cepet", dsb. Bahkan salah satu teman saya berani bilang "Rasa kaldunya paling enak di dunia". Berbekal rasa penasaran dan akibat terpengaruh pengaruh teman-teman, akhirnya saya kesampaian mencobai ramen Ikkousha yang terkenal ini.

Ramen Ikkousha di Jakarta baru ada 2 cabang. Pertama kali buka di Jalan Muara Karang Raya No 85, Muara Karang dan baru beberapa waktu lalu buka di Jalan Raya Boulevard, Kelapa Gading. Well, singkat cerita saya sampailah ke Ramen Ikkousha yang di gading. Ikkousha beroperasi 2 sesi, yaitu pada jam 10.00 - 14.00 dan sesi kedua di jam 17.00 - 22.00. Dikarenakan sudah diwanti-wanti untuk datang di awal jam buka, supaya tidak ngantri, akhirnya jam 16.45 saya dan teman-teman saya sudah nangkring di depan Ramen Ikkousha ini.

Kesan pertama, tempatnya seperti ruko biasa, yang bagian depannya semua terbuat dari dinding kaca. Ada 1 meja tinggi untuk resepsionis di depannya dan beberapa bangku kayu berlapis bantal-bantal kecil di depannya. Yang mengherankan, ternyata gosip bahwa bakal ngantri itu bener banget. Jam 16.45 sudah ada antrian kecil yang memenuhi sebagian bangku yang ada di dekat meja resepsionis tersebut. Pikir saya, hebat sekali ini tempat, yang jual aja belom siap, yang mau makan malah sudah siap. Akhirnya kami ikut ngantri dengan duduk berjajar sesuai dengan urutan datang.

Sembari menunggu mereka buka, kami bisa melihat di dalam ternyata banyak sekali karyawannya. Ada yang sedang mempersiapkan makanan, ada yang sedang bersih-bersih, dan ada yang tampak sedang melakukan evaluasi. Waktu menunjukkan pukul 17.00 tepat. Dan ternyata mereka buka tepat waktu. Cukup kaget karena di negara kita ini kan sudah terkenal sekali dengan jam karetnya. Akhirnya kami tetap harus mengantri karena sudah ada antrian, tapi tidak lama, hanya menunggu kurang lebih 5-10 menit kami sudah dapat meja.

Segera seorang pelayan mendatangi kami dengan menyodorkan menu. Di sini semua pelayan nya sigap sekali, cepat, dan tidak "leda-lede" kalo bahasa saya. Akhirnya kami memilih berdasarkan saran dari si mbak nya, dan tentu saja apa yang menarik dari gambar-gambar di menu.

ramen babi kari

buta tamtam

chicken curry

Ketika makan sampai ke meja kami, wangi kaldu nya memang sangat wangi. Di setiap meja disediakan bawang putih dan alat untuk menghancurkan bawang putih untuk ditambahkan ke dalam kuah ramen sehingga kuahnya makin wangi dan makin nendang.

Suapan pertama masuk ke mulut saya, dan WOW rasanya memang mantab sekali. Mungkin memang benar, ini ramen paling enak yang pernah saya makan sampai saat ini. Rasa daging babi nya terasa sekali, saya sangat suka tekstur mie nya karena saya memang suka mie yang kecil-kecil. Ditambah telur setengah matang, lengkap sudah kenikmatan dunia ini. Jangan lupa tambahkan irisan cabe rawit supaya menambah tantangan memakan ramen yang nikmat ini.

Tak lupa kami mencicipi beberapa side-dish yang mereka punya.
chicken karage

gyoza bakar babi + udang
Chicken karage rasanya sedikit diatas standard, untuk gyoza nya, kata mbaknya si ini yang paling rekomen, cuma saya tidak terlalu suka, ntah aromanya yang ada jahe nya atau rasanya saya kurang cocok.
Sebenernya masi banyak menunya, begitu kembali lagi ke sana saya pasti akan update, jadi ikuti perjalanan kuliner saya :D

Well, mungkin yang kurang di sini adalah situasi makan yang selalu ramai dan penuh hiruk pikuk, jadi bukan tempat yang cocok untuk makan dan ngobrol-ngobrol. Cocoknya untuk makan lalu pulang, karena kita juga akan sungkan apabila berlama-lama sementara antrian sangat panjang. Bahkan mungkin juga saking ramenya kita akan duduk semeja dengan orang lain.

Sedikit advice, jangan datang disaat anda berada dalam kondisi lapar tingkat akut, karena hampir dipastikan ngantri, walaupun tidak lama, tapi untuk orang kelaparan 5 menit pun begitu berharga bukan??!! :D

Rasa : 9 / 10
Pelayanan : 9 / 10
Suasana : 7 / 10
Harga : ± 45k - 60k / porsi

6 comments:

  1. bahasa n fotonya mantap.
    sukses bikin ngiler dan laper. =p~

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan cuma ngiler aja, langsung menuju TKP donk... :D

      Delete
  2. rasa 9/10 ya pep. berati enak ki :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. emank enak ini nggie...
      makane sini, tar ta ajak ke sini...
      ramen paling enak yang pernah aku makan, sampe saat aku menulis komen ini... :P
      so porky...

      Delete
  3. the best ramen i've ever eatean :9

    ReplyDelete