Wednesday, November 14, 2012

RM Mahkota (Tiong San), Yogyakarta

Masi di kota Jogja, salah satu resto yang menyajikan Chinese Food yang sudah cukup lama alias dari jaman mama papa masi muda, dan cukup terkenal, banyak orang yang menyarankan makan di sana karena konon katanya enak, cocok dengan cita rasa generasi papa mama dan nenek kakek kita.

Sebenarnya saya sudah sering melewati resto ini, hanya saja belom pernah sempat mampir, selain dulu jaman masi kuliah, sehingga agak takut untuk mampir, jangan-jangan nanti bisa sebulan ke depan tidak makan. :P

Kebetulan ada rencana mau makan keluarga di Jogja, maka saya sempatkan untuk mencari tau lebih banyak mengenai resto ini, terlebih reviewnya, tapi sayang sekali, saya sudah berusaha mencari dan tidak ada blog atau review yang memberikan keterangan dengan detail atau jelas, palingan hanya ada beberapa orang yang menyebutkan resto ini di blog travelling mereka dan tentu saja ditemukan di Yellow Pages :P
Semoga blog saya ini berguna buat semua yang pengen tau dan siapa tau bisa menjadi review pertama yang secara spesifik mengulas tempat makan ini :D

Dengan perut kelaparan karena ada prosesi wisuda seharian plus kegiatan embel-embel sesudahnya, maka saya sekeluarga segera tancap gas menuju tempat makan ini. Sebelumnya saya telah melakukan reservasi di tempat ini, kebiasaan yang selalu saya lakukan ntah resto tujuan sepi atau ramai, karena saya tidak mau acara jadi berantakan karena tempat penuh.

  

Menurut sang mbak yang melayani kami, mereka memiliki 2 macam signature dish, atau makanan andalan, langsung saja saya pesan. 

lumpia udang, ± 100k
Lumpia udang ini memang cukup mahal, harganya 100k/porsi berisi 20 potong lumpia udang seperti tampak pada gambar di atas, tapi soal rasa, menurut saya enakkkkk. Udangnya berasa, bukan cuma berasa tepung. Kekenyalan lumpia udangnya juga pas, jadi tidak keras seperti bakso / kee kian goreng. Pokoknya mantab, keluarga saya juga tampak sangat menikmati menu ini.

bakmie kakap ± 42.5k
 Nah menu andalan kedua adalah bakmie kakap, awalnya saya kira menu ini adalah menu bakmie goreng yang disajikan bersama dengan daging kakap. Ternyata saya salah, justru bakmienya itu yang terbuat dari daging ikan kakap, unik sekali, baru kali ini saya tau ada bakmie yang dibuat dari daging. Disajikan dengan pelengkap telur, sayur, keekian. Rasanya juga enak, mantab, nenek saya sangat suka menu ini :D

sate babi ± 45k/porsi
 Mereka tidak menyajikan sate dalam bentuk masi ditusuk-tusuk, tapi sudah berupa potongan-potongan sehingga kita tidak repot harus menggigit daging sampe muka cemong-cemong kena kecap. Untuk rasanya si menurut saya standar, dagingnya agak sedikit alot, tapi masi bisa diterima.

ayam kodok ± 200k
Karena saya ke sana ada acara special (wisuda adik saya) maka saya juga memesan menu special yang harus dipesan 2-3 hari sebelomnya, yaitu menu ayam kodok / yong kee / liong kee.
Basically ayam yang daging dan tulangnya dicopot, sisakan kulitnya saja, kemudian diisi kembali dengan cincangan daging ayam + kacang polong + biji teratai.
Memang harganya cukup "wow", tapi karena hari special, maka be it sajalah, toh rasanya tidak mengecewakan.. :P


Singkat cerita karena kelaparan aku, saya mohon maaf saya lupa tidak mengambil gambar suasana restoran ini. :D
Kalau saya gambarkan dengan kata-kata tempatnya tidak terlalu luas, nuansa restonya masi menggambarkan ini adalah tempat yang sudah cukup lama berdiri dan beroperasi. Jadi jangan berharap tempatnya mengagumkan seperti resto-resto mewah. Tapi tempatnya bersih dan adem karena sudah pasang AC :D 

Pelayanan di sana cukup oke, karena kebetulan saar saya datang ke sana bukan di jam makan, jadi ada cukup pelayan untuk selalu siap melayani kami.



Rasa : 8 / 10
Suasana : 7.5 / 10
Pelayanan : 8 / 10


RM. Mahkota (Tiong San)
Jalan Gandekan ( Pajeksan ) no.25, Yogyakarta, Indonesia
Telp : +62 274 513568  

No comments:

Post a Comment